Web Toolbar by Wibiya Data Stat: Teori Dasar Teknik Sampling

Tuesday, December 27, 2011

Teori Dasar Teknik Sampling

Populasi adalah keseluruhan objek psikologis yang dibatasi oleh kriteria tertentu. Dimana objek psikologis ini bisa konkret (contohnya orang) ataupun abstrak (contohnya sikap). Banyaknya objek populasi disebut ukuran populasi (dilambangkan dengan N). Ukuran populasi ada yang tidak terhingga (karena besarnya tidak dapat dihitung) dan terhingga (besarnya masih dapat dihitung). Sampling adalah proses memilih objek-objek psikologis dari sebuah populasi tertentu.
Keuntungan dari sampling :
1.      Mengurangi biaya.
2.      Lebih cepat karena waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dari sensus.
3.      Cakupan lebih luas
4.      Lebih akurat.
Langkah-langkah untuk survei adalah :
1.      Tentukan tujuan survei
2.      Tentukan populasi sasaran yaitu populasi yang nantinya akan menjadi cakupan kesimpulan penelitian.
3.      Tentukan tingkat ketelitian yang diinginkan.
4.      Tentukan metode pengukuran yang akan digunakan.
5.      Buat kerangka sampling yaitu daftar satuan sampling yang ada dalam sebuah populasi. Satuan sampling yaitu segala sesuatu yang oleh peneliti akan dijadikan unit untuk menjadi objek pemilihan.
6.      Lakukan pemilihan sampel, besarnya ukuran sampel ditentukan juga oleh tingkat presisi yang diinginkan.
7.      Uji pendahuluan terhadap data  misalnya dengan uji validitas dan reabilitas.
8.      Ringkasan dan analisis data.


Sumber Buku :
  1. Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi,1989. Metode Penelitian Survey.Lembaga Pemdidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).
  2. Prijana, 2005. Metode Sampling Terapan untuk Penelitian Sosial. HUMANIORA. Bandung







No comments: