Definisi
dari komunikasi organisasi dibagi menjadi dua yaitu definisi fungsional dan
definisi interpretif. “Secara fungsional, komunikasi organisasi didefinisikan
sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan diantara unit- unit komunikasi yang
merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu. Suatuorganisasi terdiri dari
unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara satu dengan yang lainnya
dan berfungsi dalam suatu lingkungan:. (Pace & Faules, 2006, p.31)
Kemudian
di sisi lain, “Secara interpretif, komunikasi organisasi didefinisikan sebagai
proses penciptaan makna atas interaksi yang merupakan organisasi. Proses
penciptaan makna atas interaksi yang merupakan organisasi. Proses interaksi
tersebut tidak mencerminkan organisasi: ia adalah organisasi. Komunikasi
organisasi adalah “perilaku pengorganisasian” yang terjadi dan bagaimana mereka
yang terlibat dalam proses itu berinteraksi dan memberi makna atas apa yang
sedang terjadi. Lebih jelasnya, komunikasi organisasi adalah proses penciptaan
makna atas interaksi yang menciptakan, memelihara dan mengubah organisasi”.
(Pace & Faules, 2006, p.33)
Dari
pemaparan definisi di atas, maka penelitian menyimpulkan bahwa komunikasi
organisasi adalah sebuah bentuk interaksi yang terjadi di antara anggota
organisasi, dimana di dalam proses komunikasi tersebut terjadi pemaknaan
sebagai hasil dari interaksi.
No comments:
Post a Comment