Web Toolbar by Wibiya Data Stat: Definisi komunikasi organisasi

Monday, December 26, 2011

Definisi komunikasi organisasi


Definisi dari komunikasi organisasi dibagi menjadi dua yaitu definisi fungsional dan definisi interpretif. “Secara fungsional, komunikasi organisasi didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan diantara unit- unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu. Suatuorganisasi terdiri dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara satu dengan yang lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan:. (Pace & Faules, 2006, p.31)
Kemudian di sisi lain, “Secara interpretif, komunikasi organisasi didefinisikan sebagai proses penciptaan makna atas interaksi yang merupakan organisasi. Proses penciptaan makna atas interaksi yang merupakan organisasi. Proses interaksi tersebut tidak mencerminkan organisasi: ia adalah organisasi. Komunikasi organisasi adalah “perilaku pengorganisasian” yang terjadi dan bagaimana mereka yang terlibat dalam proses itu berinteraksi dan memberi makna atas apa yang sedang terjadi. Lebih jelasnya, komunikasi organisasi adalah proses penciptaan makna atas interaksi yang menciptakan, memelihara dan mengubah organisasi”. (Pace & Faules, 2006, p.33)
Dari pemaparan definisi di atas, maka penelitian menyimpulkan bahwa komunikasi organisasi adalah sebuah bentuk interaksi yang terjadi di antara anggota organisasi, dimana di dalam proses komunikasi tersebut terjadi pemaknaan sebagai hasil dari interaksi.

No comments: