Web Toolbar by Wibiya Data Stat: Proses Komunikasi

Monday, December 26, 2011

Proses Komunikasi


Laswell menghendaki agar komunikasi dijadikan objek studi ilmiah, bahkan setiap unsur diteliti secara khusus. Studi mengenai komunikator dinamakan control analysis yakni penelitian mengenai pers, radio, televisi, film, dan media lainnya (media analysis) yakni penyelidikan mengenai pesan (content analysis), komunikan (audience analysis) yakni studi khusus tentang penerima pesan, effect analysis merupakan penelitian mengenai efek atau dampak yang ditimbulkan oleh komunikasi. (Effendy, 2004:10) .
Adapun berdasarkan konteks dan tingkatan analisisnya, proses komunikasi dapat dibagi menjadi lima :
1.      Intra personal communication ( Komunikasi dalam diri pribadi ),
yaitu proses komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang. Fokusnya adalah pada bagaimana jalannya proses pengolahan informasi yang dialami seseorang melalui sistem syaraf dan inderanya. Umumnya membahas mengenai proses pemahaman, ingatan, dan interpretasi terhadap simbol-simbol yang ditangkap melalui pancainderanya.
2.      Interpersonal communication ( Komunikasi antar pribadi ),
yaitu komunikasi antar perorangan dan bersifat pribadi baik yang terjadi secara langsung (non-media) atau tidak langsung (media). Fokus teori ini adalah pada bentuk bentuk dan sifat hubungan, percakapan, interaksi dan karakteristik komunikator.
3.      Komunikasi kelompok.
fokus pada interaksi diantara orang-orang dalam kelompok kecil. Komunikasi kelompok juga melibatkan komunikasi antar pribadi, namun pembahasannya berkaitan dengan dinamika kelompok, efisiensi dan efektifitas penyampaian informasi dalam kelompok, pola dan bentuk interaksi serta pembuatan keputusan.
4.      Komunikasi Organisasi.
mengarah pada pola dan bentuk komunikasi yang terjadi dalam konteks dan jaringan organisasi. Komunikasi organisasi melibatkan bentuk-bentuk komunikasi formal dan informal. Pembahasan teori ini menyangkut struktur dan fungsi organisasi, hubungan antar manusia, komunikasi dan proses pengorganisasiannya serta budaya organisasi.
5.      Komunikasi massa.
yaitu komunikasi melalui media massa yang ditujukan pada sejumlah khalayak yang besar. Proses komunikasi melibatkan keempat teori sebelumnya. Teori ini secara umum memfokuskan perhatiannya pada hal-hal yang menyangkut struktur media, hubungan media dan masyarakat, hubungan antara media dan khalayak, aspek-aspek budaya dari komunikasi massa, serta dampak komunikasi massa terhadap individu.
Definisi komunikasi yang paling sederhana dikemukakan oleh Bitter (Rakhmat, 2003:188), yakni: komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang (mass communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people).

No comments: