Fungsi adalah potensi yang dapat
digunakan untuk memenuhi tujuan-tujuan tertentu. Komunikasi sebagai ilmu, seni,
dan lapangan kerja sudah tentu memiliki fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh
manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Untuk memahami
fungsi komunikasi kita perlu memahami lebih dulu tipe komunikasinya. Komunikasi
dengan diri sendiri berfungsi untuk mengembangkan kreativitas imajinasi,
memahami dan mengendalikan diri, serta meningkatkan kematangan berfikir sebelum
mengambil keputusan. Melalui komunikasi dengan diri sendiri, orang akan dapat
berpiir dan mengendalikan diri bahwa apa yang diinginkan mungkin saja tidak
menyenangkan orang lai, .jadi komunikasi dengan diri sendiri dapat meningkatkan
kematangan berpikir sebelum menarik keputusan. Ini merupakan proses internal
yang dapat membantu dalam menyelesaikan suatu masalah.
Adapun fungsi
komunikasi antarpribadi adalah berusaha meningkatkan hubungan insane (human
relations), menghindari dan mengatasi konflik konflik pribadi, mengurangi
ketidakpastian sesuatu, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang
lain. Komunikasi antarpribadi dapat meningkatkan hubungan kemanusiaan di antara
pihak-pihak yang berkomunikasi. Dalam hidup bermasyarakat seseorang bisa
memperoleh kemudahan-kemudahan dalam hidupnya karena memiliki banyak sahabat.
Komunikasi publik berfungsi untuk
menumbuhkan semangat kebersamaan (solidaritas), mempengaruhi orang lain, member
informasi, mendidik dan menghibur. Komunkasi massa, berfungsi untuk
menyebarluaskan informasi, meratakan pendidikan, merangsang pertumbuhan ekoomi,
dan menciptakan kegembiraan dalam hidup seseorang. Tetapi dengan perkembangan
teknologi komuniaksi yang begitu cepat terutama dalam bidang penyiaran dan
media pandang dengar (audiovisual), menyebabkan fungsi media massa elah
mengalami banyak perubahan.
Adapun fungsi
komunikasi secara umum adalah sebagai berikut:
1. Menyampaikan informasi (to
inform)
2. Mendidik (to educate)
3. Menghibur (to entertaint)
4. Mempengaruhi (to influence)
Sedangkan tujuan komunikasi terbagi
menjadi empat, yaitu:
1.
Mengubah sikap (to change the attitude)
Seperti telah
dikemukakan sebelumnya, dalam pembahasan fungsi komunikasi, adalah mempengaruhi
seseorang. Tahap selanjutnya setelah seseorang terpengaruh ia akan merubah
sikapnya. Inilah salah satu tujuan komunikasi. Mengubah sikap seseorang menjadi
suatu sikap yang diharapkan oleh si pemberi informasi.
2.
Mengubah opini / pendapat / pandangan ( to change the
opinion )
Salah satu
tujuan komunikasi adalah mengubah pendapat atau opini seseorang sesuai dengan
yang diharapkan oleh pihak tertentu.
3.
Mengubah perilaku ( to change the behaviour )
Mengubah
perilaku seseorang sesuai dengan informasi yang telah diberikan sehingga
berperilaku sesuai yang diharapkan oleh si pemberi informasi.
4.
Mengubah masyarakat ( to change the society )
Apabila dalam point di atas
perilaku dititikberatkan lebih kepada individu, dalam point ini, perubahan
dititikberatkan pada suatu kelompok yang bersifat lebih dari satu, bahkan lebih
dari dua. Sehingga perubahan terjadi secara masal ( Effendy , 2003 : 55 ).
No comments:
Post a Comment