Web Toolbar by Wibiya Data Stat: Pengertian Komunikasi

Monday, December 26, 2011

Pengertian Komunikasi


Kata komunikasi atau communications dalam bahasa Inggris berasal dari kata latin communis yang berarti “sama,” juga terkait dengan kata comminico, communicatio, atau commicare yang berarti “membuat sama” (to make common). Istilah pertama (communis) adalah istilah yang paling disebut sebagai asal-usul kata komunikasi, yang merupakan akar dari kata-kata latin lainnya yang mirip (Mulyana, 2001:41).
Jadi, apabila ada dua orang yang terlibat dalam komunikasi, misalnya dalam bentuk percakapan, maka komunikasi akan terjadi atau berlangsung selama ada kesamaan makna mengenai apa yang dibicarakan. Kesamaan bahasa yang dipergunakan dalam percakapan itu belum tentu menimbulkan kesamaan makna. Mengerti bahasa saja belum tentu mengerti makna yang dibawakan oleh bahasa itu. Jelas bahwa percakapan kedua orang tadi dapat dikatakan komunikatif apabila kedua-duanya, selain mengerti bahasa yang dipergunakan, juga mengerti makna dari bahan yang dibicarakan.
Selain komunikatif kegiatan komunikasi juga haruslah persuasive, yakni agar orang lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan dalam melakukan suatu perbuatan atau kegiatan dan lain-lain.
Menurut Carl I Hovland, ilmu komunikasi adalah upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegas asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap. Jadi ilmu komunikasi bukan saja penyampaian informasi, melainkan juga pembentukan pendapat (public opinion) dan sikap publik (public attitude) yang dalam kehidupan sosial dan kehidupan politik memainkan peranan yang sangat penting.
Hovland dalam Effendy mengatakan bahwa “komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain (communication is the process to modify the behaviour of other individuals)”. (Effendy, 2004:10)
Menurut Harold Lasswell, komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. Komunikasi memiliki lima unsur, seperti yang dijelaskan pada paradigma Lasswell dibawah ini:
1.        Komunikator (communicator, source, sender)
2.        Pesan (message)
3.        Media (channel ,media)
4.        Komunikan (communicant, communicate, receiver, recipient)
5.        Efek (effect, impact, influence).

No comments: