Web Toolbar by Wibiya Data Stat: Karakteristik Komunikasi Massa

Sunday, January 15, 2012

Karakteristik Komunikasi Massa



Komunikasi massa berbeda dengan komunikasi antarpersona dan komunikasi kelompok . perbedaannya terdapat dalam komponen-komponen yang terlibat di dalamnya, dan proses berlangsungnya komunikasi tersebut. Namun agar karakteristik komunikasi massa itu tampak jelas, maka perlu dijabarkan karakteristik komunikasi massa sebagai berikut:
·           Komunikator Terlembagakan
       Komunikasi massa itu melibatkan lembaga, dan komunikatornya bergerak dalam organisasi yang kompleks.
·           Pesan Bersifat Umum
Komunikasi massa itu bersifat terbuka, artinya komunikasi massa itu ditujukan untuk semua orang dan tidak ditujukan untuk sekelompok orang tertentu. Oleh karenanya, pesan komunikasi massa bersifat umum. Pesan komunikais massa yang dikemas dalam bentuk apa pun harus memenuhi criteria penting atau menarik, atau penting sekaligus menarik, bagi sebagian besar komunikan.
·          Komunikannya Anonim dan Heterogen
Komunikator tidak mengenal komunikan (anonim), karena komunikasinya menggunakan media dan tidak tatap muka. Di samping anonim, komunikan komunikasi massa adalah heterogen, karena terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda, dapat dikelompokkan berdasarkan faktor : usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, latar belakang budaya, agama dan tingkat ekonomi.
·          Media Massa Menimbulkan Keserempakan
Kelebihan komunikasi massa dibandingkan dengan komunikasi lainnya, adalah sejumlah sasaran khalayak atau komunikan yang dicapainnya relative banyak dan tidak terbatas. Bahkan lebih dari itu, komunikan yang banyak tersebut secara serempak pada waktu yang bersamaan memperoleh pesan yang sama pula.
·          Komunikasi Mengutamakan Isi Ketimbang Hubungan
Komunikasi massa menekankan pada “apa” yang disampaikan, pesan harus disusun sedemikian rupa berdasarkan system tertentu dan disesuaikan dengan karakteristik media massa yang akan digunakan.
·          Komunikasi Massa Bersifat Satu Arah
Melalui media massa komunikator dan komunikan tidak dapat melakukan kontak langsung. Komunikator aktif menyampaikan pesan, komukan pun aktif menerima pesan, namun di antara keduanya tidak dapat melakukan dialog sebagaimana halnya terjadi dalam komunikasi antarpersona.
·          Stimulasi Alat Indra “Terbatas”
Dalam komunikasi massa, stimulasi alat indra bergantung pada jenis media massa. Pada surat kabar dan majalah, pembaca hanya melihat. Pada radio siaran dan rekaman auditif. Khalayak hanya mendengar, sedangkan pada media televisi dan film, kita menggunakan alat indra penglihatan dan pendengaran.
·          Umpan Balik Tertunda (delayed)
     Komponen umpan balik atau feedback merupakan faktor penting dalam bentuk komunikasi apa pun.  Efektivitas komunikasi seringkali dapat dilihat dari feedback yang disampaikan oleh komunikan. Feedback inilah yang tertunda dalam komunikasi massa ini

No comments: