Web Toolbar by Wibiya Data Stat: Fungsi Komunikasi Massa bagi Masyarakat

Sunday, January 15, 2012

Fungsi Komunikasi Massa bagi Masyarakat


Para pakar mengemukakan tentang sejumlah fungsi komunikasi, kendati dalam setiap item fungsi terdapat persamaan dan perbedaan. Salah satunya menurut Dominick (2001) dalam Ardianto, Komala dan Karlinah (2007:14) fungsi komunikasi massa bagi masyarakat adalah:
·         Surveillance (pengawasan)
      Fungsi komunikasi massa dibagi dalam bentuk utama:
a.         Warning or beware surveillance (pengawasan peringatan)
       Terjadi ketika media massa menginformasikan tentang ancaman dari angi topan, meletusnya gunung merapi, kondisi efek yang memprihatinkan, tayangan inflasi atau adanya serangan militer. Peringatan isi serta merta bisa menjadi ancaman.
b.         Instrumental Surveillance (pengawasan instrumental)
       Adalah penyampaian atau penyebaran informasi yang memiliki kegunaan atau dapat memantau khalayak dalam kehidupan sehari-hari. Berita tentang film apa yang sedang dimainkan di bioskop, bagaimana harga-harga saham, ide-ide tentang mode, adalah contoh-contoh tentang berita instrumental.
·         Interpretation (penafsiran)
      Media massa tidak hanya memasok fakta dan data, tetapi juga memberikan penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting. Organisasi atau industri media memilih atau memutuskan peristiwa-peristiwa yang dimuat atau ditayangkan. Contoh: tajuk rencana surat kabar
·         Linkage (pertalian)
      Media massa dapat menyatukan anggota masyarakat yang beragam, sehingga membentuk pertalian berdasarkan kepentingan dan minat  yang sama tentang sesuatu.
·         Transmission of values (penyebaran nilai-nilai)
      Fungsi penyebaran nilai tidak kentara, disebut sosialisasi yang mengacu pada cara, di mana individu mengadopsi perilaku dan nilai kelompok. Media mewakili kita dengan model peran yang kita amati dan harapan untuk menirunya. Sebagai contoh, maraknya tayangan kekerasan di stasiun televisi dapat mengakibatkan anak muda berpikir bahwa metode kekerasan adalah wajar dalam memecahkan persoalan hidup.
·         Entertainment (hiburan)
      Pada kenyataanya, hampir semua media menjalankan fungsi hiburan. Fungsi dari media massa sebagai fungsi menghibur tiada lain tujuannya adalah untuk mengurangi ketegangan pikiran khalayak, karena dengan membaca berita-berita ringan atau melihat tayangan hiburan di televisi dapat membuat pikiran khalayak segar kembali.
Sementara itu, Effendy (1993:24) mengemukakan fungsi komunikasi massa secara umum adalah:
·         Fungsi Informasi
      Fungsi memberikan infromasi ini diartikan bahwa media massa adalah penyebar infromasi yang bersangkutan sesuai dengan kepentingan bagi pembaca, pendengar, atau pemirsa.
·         Fungsi Pendidikan
      Media massa merupakan sarana pendidikan bagi khalayaknya (massa education). Karena media massa banyak menyajikan hal-hal yang bersifat mendidik. Salah satunya cara mendidik yang dilakukan media massa adalah melalui drama, cerita, diskusi atau panel.
·         Fungsi Mempengaruhi
      Fungsi mempengaruhi dari media massa secara implisit terdapat pada tajuk/editorial, features, iklan, artikel, dan sebagainya. Khalayak dapat terpengaruh oleh iklan-iklan yang ditayangkan televisi atau surat kabar.
Selanjutnya DeVito (1996) dalam Ardianto, Komala dan Karlinah (2007:19) menyebutkan fungsi komunikasi massa secara khusus adalah:
·           Fungsi Meyakinkan (to Persuade)
       Fungsi persuasi bisa datang dalam bentuk:
a.         Mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
b.         Mengubah sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
c.         Menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu, dan
d.        Memeperkenalkan etika atau menawarkan sistem nilai tertentu
·           Fungsi Menganugerahkan Status
       Penganugerahkan status (status conferal) terjadi apabila berita yang disebarluaskan melaporkan kegiatan individu-individu tertentu sehingga prestige (gengsi) mereka meningkat.
·           Fungsi Membius (Narcotization)
       Ini berarti bahwa apabila media menyajikan informasi tentang sesuatu, penerima percaya bahwa tindakan tertentu harus diambil. Sebagai akibatnya, pemirsa atau penerima terbius ke dalam keadaan pasif, seakan-akan berada dalam pengaruh narkotik (DeVito, 1996)
·           Fungsi Menciptakan Rasa Kebersatuan
       Fungsi komunikasi massa yang tidak banyak disadari oleh kita semua adalah kemampuannya untuk membuat kita merasa menjadi anggota suatu kelompok.
·           Fungsi Privatisasi
   Privatisasi adalah kecenderungan bagi seseorang untuk menarik diri dari kelompok sosial dan  mengucilkan ke dalam dunianya sendiri. Laporan yang gencar tentang perang, inflasi, kejahatan, dan pengangguran membuat sebagain orang merasa begitu putus asa sehingga mereka menarik diri ke dalam dunia mereka sendiri.

No comments: