Para pakar
mengemukakan tentang sejumlah fungsi komunikasi, kendati dalam setiap item
fungsi terdapat persamaan dan perbedaan. Salah satunya menurut Dominick (2001)
dalam Ardianto, Komala dan Karlinah (2007:14) fungsi komunikasi massa bagi
masyarakat adalah:
·
Surveillance (pengawasan)
Fungsi
komunikasi massa dibagi dalam bentuk utama:
a.
Warning
or beware surveillance
(pengawasan peringatan)
Terjadi ketika media massa
menginformasikan tentang ancaman dari angi topan, meletusnya gunung merapi,
kondisi efek yang memprihatinkan, tayangan inflasi atau adanya serangan
militer. Peringatan isi
serta merta bisa menjadi ancaman.
b.
Instrumental Surveillance
(pengawasan instrumental)
Adalah penyampaian atau penyebaran
informasi yang memiliki kegunaan atau dapat memantau khalayak dalam kehidupan
sehari-hari. Berita tentang film apa yang sedang dimainkan di bioskop,
bagaimana harga-harga saham, ide-ide tentang mode, adalah contoh-contoh tentang
berita instrumental.
·
Interpretation
(penafsiran)
Media massa tidak hanya memasok fakta dan
data, tetapi juga memberikan penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting. Organisasi
atau industri media memilih atau memutuskan peristiwa-peristiwa yang dimuat
atau ditayangkan. Contoh: tajuk rencana surat kabar
·
Linkage (pertalian)
Media massa
dapat menyatukan anggota masyarakat yang beragam, sehingga membentuk pertalian
berdasarkan kepentingan dan minat yang
sama tentang sesuatu.
·
Transmission
of values (penyebaran
nilai-nilai)
Fungsi penyebaran nilai tidak kentara,
disebut sosialisasi yang mengacu pada cara, di mana individu mengadopsi
perilaku dan nilai kelompok. Media mewakili kita
dengan model peran yang kita amati dan harapan untuk menirunya. Sebagai contoh,
maraknya tayangan kekerasan di stasiun televisi dapat mengakibatkan anak muda
berpikir bahwa metode kekerasan adalah wajar dalam memecahkan persoalan hidup.
·
Entertainment
(hiburan)
Pada
kenyataanya, hampir semua media menjalankan fungsi hiburan. Fungsi dari media
massa sebagai fungsi menghibur tiada lain tujuannya adalah untuk mengurangi
ketegangan pikiran khalayak, karena dengan membaca berita-berita ringan atau
melihat tayangan hiburan di televisi dapat membuat pikiran khalayak segar
kembali.
Sementara itu,
Effendy (1993:24) mengemukakan fungsi komunikasi massa secara umum adalah:
·
Fungsi Informasi
Fungsi memberikan infromasi ini diartikan
bahwa media massa adalah penyebar infromasi yang bersangkutan sesuai dengan
kepentingan bagi pembaca, pendengar, atau pemirsa.
·
Fungsi Pendidikan
Media massa
merupakan sarana pendidikan bagi khalayaknya (massa education). Karena media massa banyak menyajikan hal-hal yang
bersifat mendidik. Salah satunya cara mendidik yang
dilakukan media massa adalah melalui drama, cerita, diskusi atau panel.
·
Fungsi Mempengaruhi
Fungsi mempengaruhi dari media massa
secara implisit terdapat pada tajuk/editorial, features, iklan, artikel, dan
sebagainya. Khalayak dapat terpengaruh oleh
iklan-iklan yang ditayangkan televisi atau surat kabar.
Selanjutnya
DeVito (1996) dalam Ardianto, Komala dan Karlinah (2007:19) menyebutkan fungsi
komunikasi massa secara khusus adalah:
·
Fungsi Meyakinkan (to
Persuade)
Fungsi persuasi
bisa datang dalam bentuk:
a.
Mengukuhkan atau
memperkuat sikap, kepercayaan atau nilai seseorang
b.
Mengubah sikap,
kepercayaan atau nilai seseorang
c.
Menggerakkan
seseorang untuk melakukan sesuatu, dan
d.
Memeperkenalkan
etika atau menawarkan sistem nilai tertentu
·
Fungsi Menganugerahkan
Status
Penganugerahkan status (status
conferal) terjadi apabila berita yang disebarluaskan melaporkan kegiatan
individu-individu tertentu sehingga prestige (gengsi) mereka meningkat.
·
Fungsi Membius (Narcotization)
Ini berarti
bahwa apabila media menyajikan informasi tentang sesuatu, penerima percaya
bahwa tindakan tertentu harus diambil. Sebagai akibatnya, pemirsa atau penerima
terbius ke dalam keadaan pasif, seakan-akan berada dalam pengaruh narkotik
(DeVito, 1996)
·
Fungsi Menciptakan Rasa
Kebersatuan
Fungsi komunikasi massa yang tidak banyak
disadari oleh kita semua adalah kemampuannya untuk membuat kita merasa menjadi
anggota suatu kelompok.
·
Fungsi Privatisasi
Privatisasi
adalah kecenderungan bagi seseorang untuk menarik diri dari kelompok sosial dan mengucilkan ke dalam dunianya sendiri. Laporan yang gencar tentang perang,
inflasi, kejahatan, dan pengangguran membuat sebagain orang merasa begitu putus
asa sehingga mereka menarik diri ke dalam dunia mereka sendiri.
No comments:
Post a Comment